PESAN


counters

Kamis, 13 Juni 2013

Makalah Character Building Kekuatan Keyakinan


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.      LATAR BELAKANG
Memenuhi tugas makalah Character Building yang diberikan Bapak Wawan Ridwan. Dalam membahas bedah buku Personal Power.
1.2.      RUMUSAN MASALAH
Mengetahui dan memahami apa yang di maksud dengan Kekuatan Keyakinan  dan fungsi sebagai manusia yang mempunyai keyakinan. Mahasiswa dituntut mengerti mengapa di perlukannya suatu keyakinan dalam kehidupan.
1.3.      TUJUAN
·         Menjadikan Mahasiswa sebagai Sumber Daya Manusia yang Berkeyakinan.
·         Memahami apa yang dimaksud dengan Keyakinan Kepada Tuhan, Keyakinan Kepada Diri Sendiri , dan Keyakinan Terhadap Orang Lain.
·         Memenuhi Tugas Makalah Character Building dalam membahas Bedah Buku Personal Power dan Guna Memenuhi Persyaratan sebagai Nilai UAS.
1.4.      MANFAAT
  • Mahasiswa dapat menggunakan penjelasan ini dalam kehidupan sehari-harinya.
  • Mahasiswa dapat mengetahui apa yang dimaksud dengan  keyakinan.





BAB II
TEORI TINJAUAN PUSTAKA
2.1.      KEKUATAN KEYAKINAN
Keyakinan adalah kekuatan dibalik semua pencapaian. Ia adalah jaminan yang meyakinkan bahwa apa yang kita percayai akan terjadi. Keyakinan adalah kepercayaan yang telah matang hingga pada titik dimana kita berani mengambil tindakan. Kepercayaan membuat anda merasa mampu mencapai impian anda, dan keyakinan membuat anda mencapainya.
Kepercayaan berkaitan dengan apa yang mungkin, sedangkan keyakinan berkenaan dengan yang mustahil dan mengubahnya menjadi kenyataan. Kepercayaaan mengendalikan pikiran kita, tetapi  keyakinan membuat kita bertindak. Kepercayaan datang terlebih dahulu, tetapi iya diikuti oleh keyakinan, dan keyakinan yang sesungguhnya berkenaan dengan tindakan.
Keyakinan adalah kepastian, jaminan,keprcayaan , dan kebenaran yang meyakinkan dibalik tindakan-tindakan kita sekarang.
“Satu faktor paling kuat dalam kesadaran akan kemakmuran adalah keyakinan. Dengannya kau akan menemukan dirimu menjalani hidup sesuai dengan impian – impianmu.”
( Dr. Ibrahim Elfiky)
“Tuhan telah menciptakan sejumlah pintu untuk dia bukakan kepada kebenaran. Dia membukanya bagi siapa saja yang mengetuk  dengan tangan keyakinan.”
(Kahlil Gibran)
Terdapat 3 kekuatan keyakinan yang berlaku bagi diri manusia, yaitu :
  1. Keyakinan Kepada Tuhan.
  2. Keyakinan Kepada Diri Sendiri.
  3. Keyakinan Kepada Orang Lain.

2.2.      KEPERCAYAAN vs KEYAKINAN
            Sebelum kita mengupas jenis keyakinan ini, saya akan bertanya kepada anda : pernahkah anda mendengar ungkapan “melihat berarti mempercayai”? Ini berarti bahwa agar manusia seperti kita mempercayai sesuatu, kita harus melihatnya terlebih dahulu – kita harus punya bukti. Sebagai contoh : anda percaya bahwa sebutir kuning telur bisa menjadi anak ayam ketika anda melihat telur menetas. Anda punya bukti. Inilah yang disebut percaya. Ketika anda tahu anda bisa melakukan sesuatu, Anda tahu sekali bahwa anda bisa hidup sesuai dengan impian – impian Anda.
            Tetapi pernahkah anda mendengarkan ungkapan, “ memercayai berarti melihat” ? Ini berarti bahwa anda tidak perlu harus benar – benar melihat sesuatu agar anda mempercayai sesuatu itu. Anda tahu bahwa ada angina dari pepohonan yang bergoyang dan anda tahu bahwa tuhan ada dimana – mana. Anda tahu bahwa dia hadir dalam segala hal, mlai dari diri anda, bunga – bunga, tanaman, samudra, lautan, burung – burung, dan ikan. Dia ada. Kita tahu dia memberi kita segalanya termasuk udara yang kita hirup. Kita tahu dia ada tanpa kita benar – benar melihatnya.
            Apa itu keyakinan? Keyakinan adalah kekuatan di balik semua pencapaian. Ia adalah jaminan yang meyakinkankan bahwa apa yang kita percayai akan terjadi. Keyakinan adalah kepercayaan yang telah matang hingga pada titik dimana kita berani mengambil tindakan. Kepercayaan membuat anda merasa mampu mencapai impian anda; keyakinan membuat anda mencapainya.
Kepercayaan berkaitan dengan apa yang mungkin; keyakinan berkenaan dengan yang mustahil dan mengubahnya menjadi kenyataan. Kepercayaan mengendalikan pikiran kita; keyakinan membuat kita bertindak. Kepercayaan datang terlebih dahulu, tetapi ia di ikuti oleh keyakinan, dan keyakinan yang sesungguhnya berkenaan dengan tindakan.







BAB III
PEMBAHASAN
 3.1.     KEYAKINAN KEPADA TUHAN
Ketika anda memiliki keyakinan kepada tuhan , anda akan lebih percaya diri dan lebih berani menghadapi dunia dan kehidupan sesuai yang anda impikan. Mulailah hari ini . sadarilah anugerah-anugerah yang telah tuhan berikan. Sadarilah keajaiban-keajaiban Tuhan disekeliling anda. Bersyukurlah kepada Tuhan sebelum tidur dan ketika bangun. Kembangkan kebiasaan mengingat Dia dan bersyukur kepada-Nya. Berdoalah setiap hari karena salah satu hal yang paling dihargai Tuhan adalah DOA.
Berdoalah dengan setulus hati, sadarilah semua perasaan anda, minta pengampunan pada Tuhan, dan mintalah agar Dia memenuhi kebutuhan- kebutuhan anda. Milikilah keyakinan penuh bahwa Dia akan mengabulkan doa anda. Ketika keadaan semakin sulit milikilah keyakinan yang mutlak kepada Tuhan.
            Sekarang, bagaimana anda mengembangkan keyakinan kepada tuhan ? Sederhana saja. Ayo mulai dengan diri anda. Ketika anda makan, apakah anda tahu bahwa perut anda akan mencerna makanan itu ? Tidak, Ya tentu saja. Bisakah anda mencerna secara sadar? Tidak, tetapi anda menaruh keyakinan pada system pencernaan anda.
            Bagaimana dengan bernafas? Ketika anda menghirup nafas, anda yakin akan mengisi paru-paru anda dengan oksigen. Mengapa anda begitu yakin? Apa yang menjamin anda  tidak akan menghirup nkarbon monoksida? Sederhana. Anda memiliki keyakinan bahwa yang anda hirup pasti selalu oksigen dan bahwa paru-paru anda akan menerimanya dan otak anda akan mengambil sepetiganya , sementara sisanya akan mengalir kebagian tubuh yang lain dan anda akan mengeluarkan karbon dioksida.
            Bagaimana proses yang kompleks ini terjadi ? Melalui Tuhan. Maka mulailah menggunakan kekuatan kesadaran Anda dan perhatikan mukjizat-mukjizat Tuhan. Mulai dengan diri Anda. Lalu teruskan dan perhatikan proses terbit dan tenggelamnya matahari. Perhatikan bulan dan bintang-gemintang. Perhatikan langit dan hujan, berbagai warna, dan pelangi. Kemudian perluas kesadaran Anda lebih jauh lagi, dan perhatikan bagaimana gerangan seekor burung yang kecil tahu cara membuat sarang, dan mengapa burung terbang dan tidak berjalan seperti kita.
            Lalu perhatikan lautan terbentang luas; perhatikan ikan-ikan berenang di dalamnya dan bagaimana mereka bias bertahan hidup di dalm air. Teruslah memperluas kesadaran Anda; perhatikan warna kupu-kupu, keajaiban melahirkan, kekuatan petir, dan keindahan bunga.
            Menjadi sadar akan keajaiban-keajaiban Tuhan, kekuatan dan cinta adalah permulaan dari sebuah hubungan yang panjang dan abadi—hubungan cinta sejati, harapan sejati, kepercayaan dan keyakinan sejati. Mulailah hari ini. Perhatikan siapakah diri Anda, perhatikan segala anugerah yang telah Tuhan berikan kepada Anda. Mulailah hari Anda dengan mengucapkan, “Selamat pagi, Tuhan. Terima kasih. Aku persembahkan hari ini untuk-Mu.”
            Ketika Anda pergi ke tempat kerja, perhatikan matahari yang bersinar dan tersenyum kepada Anda, dan katakan, “Terima kasig, Tuhan, karena menerangi hidup kami.” Sadarilah anugerah-anugerah Tuhan kepada Anda dan kembangkanlah kebiasaan untuk selalu bersyukur. Bersyukur kepada-Nya atas segala sesuatu: untuk udara yang Anda hirup, untuk makanan yang Anda makan, untuk air yang Anda minum, karena tanpa semua itu Anda pasti mati. Tuhan berfirman, ‘Bersyukurlah kepadaku, maka akan kuberikan lebih banyak lagi.” Sebelum tidur, berterima kasihlah kembali kepada Tuhan dan mohon ampunan-Nya.
            Ketika Anda memiliki keyakinan kepada Tuhan, Anda akan lebih percaya diri dan lebih berani menghadapi dunia dan kehidupan sesuai yang Anda impikan. Mulailah hari ini. Sadarilah anugerah-anugerah yang tlah Tuhan berikan. Sadarilah keajaiban-keajaiban Tuhan di sekeliling Anda.  Bersyukurlah kepada Tuhan sebelum tidur dan ketika bangun. Kembangkan kebiasaan mengingat Dia dan bersyukur kepada-Nya. Berdoalah setiap hari dan sering karena salah satu hal yang paling dihargai Tuhan adalah doa. Berdoalah dengan setulus hati, sadarilah semua perasaan Anda, minta pengampunan dari Tuhan, dan mintalah agar Dia memenuhi kebutuhan-kebutuhan Anda. Milikilah keyakinan penuh bahwa Dia akan mengabulkan doa Anda. Ketika keadaan makin sulit, milikilah keyakinan yang mutlak kepada Tuhan.
3.2       KEYAKINAN KEPADA DIRI SENDIRI
Kebanyakan orang tidak cukup memperhatikan bahwa mereka memiliki kekuatan keyakinan dan telah menggunakannya sepanjang kehidupan mereka. Yang mereka cari adalah kepercayaan diri-kepercayaan diri untuk berhasil, untuk melakukan dan untuk memiliki padahal mereka pun memiliki itu, hanya saja  mereka tidak menyadarinya.
Tindakan juga menuntun pada kepercayaan. Ini berarti bahwa jika anda percaya anda tidak bisa melakukan sesuatu – seperti menyetir mobil,berbicara didepan publik, dsb – akan tetapi kemudian anda diletakan di situasi dimana anda harus melakukannya, anda menyetel pikiran anda kesana dan biasanya berhasil. Sekali anda berhasil, anda mngembangkan sebuah kepercayaan baru bahwa anda bisa melakukan tugas sulit itu dan kepercayaan itu pun bisa menjadi bagian hidup anda.
Lalu , mulailah segera melakukan sesuatu. Dimulai dengan hal kecil, kembangkan keyakinan anda dan terus lanjutkan hingga anda melakukan hal-hal itu dengan keyakinan mutlak didalam diri anda. Saat anda memiliki keyakinan kepada Tuhan, anda akan benar-benar meningkatkan kualitas hidup anda, dan saat anda punya keyakinan kepada diri sendiri, anda akan bertindak dengan penuh percaya diri dan kekuatan hingga anda mencapai tujuan-tujuan anda dan hidup berdasarkan impian-impian anda. Apa yang telah anda lakukan sampai hari ini menentukan seperti apa diri anda dan apa saja yang anda miliki hari ini. Apa yang anda lakukan sekarang akan menentukan hari esok.
Fungsikanlah keyakinan anda , kembangkan, tumbuhkan dihati di jiwa anda, dan sebagai hasilnya, anda akan mendapatkan hari ini yang lebih baik dan masa depan yang lebih bahagia.
Inilah hal hal yang bisa anda coba lakukan untuk memulai menumbuhkan keyakinan pada diri anda sendiri :
  1. Fokus pada harapan anda, seringkali apa yang anda lakukan akan menciptakan pengalaman anda.
  2. Mengharapkan yang terbaik dari diri sendiri dan kehidupan
  3. Keyakinan pada diri sendiri merupakan pilihan dan sikap
3.3.      KEYAKINAN KEPADA ORANG LAIN
Ketika anda memilki keyakinan kepada diri sendiri dan pada kemampuan anda. Anda mengubah yang  tidak mungkin menjadi mungkin, dan anda melihat bintang-gemintang bukannya aral melintang. Anda akan bisa menghadapi tantangan apapun dengan kepercayaan diri dan kekuatan, dan anda akan hidup berdasarkan imipan-impian anda.
Ketika anda memiliki keyakinan kepada orang lain, anda bergabung dengan barisan orang-orang bijak yang percaya bahwa kita nyaris tidak bisa melakukan apapun tanpa orang lain, dan jika kita ingin orang lain mempunyai keyakinan kepada kita, kita harus memiliki keyakinan terhadap mereka.
Ketika kita mendapat kepercayaan dari orang lain, ketika itu juga kita mempunyai kebebasan untuk bertindak terhadap hal yang dipercayakan. Sekali kita tidak dapat dipercaya maka kepercayaan itu tidak bisa dikembalikan seperti semula. Kepercayaan itu mahal harganya. Ketika kita menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan kepada kita, pada saat itu pula kita di hadapannya tidak ada harganya.
Membangun kepercayaan bukanlah hal yang mudah. Usaha kita adalah menjadikan diri kita layak dipercaya oleh orang lain. Sering kali orang yang pandai berbicara berusaha untuk meyakinkan kata-katanya bahwa ia layak dipercaya. Namun penilaian tetaplah ada di pihak yang memberi kepercayaan. Bukan kata-kata yang dijadikan ukuran seseorang layak dipercaya. Tindakanlah yang membuktikan apakah kita itu layak dipercaya atau tidak.
3.4.      STRATEGI UNTUK MENGGUNAKAN KEKUATAN KEYAKINAN KEPADA TUHAN
1.      Tuliskan sepuluh hal yang membuktikan bahwa Tuhan ada dan bahwa Dia adalah pencipta segala sesuatu . bacalah daftar itu sesering mungkin.
2.      Luangkan waktu untuk berjalan-jalan dengan santai dan sadarilah alam , sadari kekuatan Tuhan.
3.      Berdoalah setiap hari dan sering. Bersyukurlah kepada Tuhan atas semua yang Dia berikan kepada Anda.Bangunlah kebiasaan untuk selalu bersyukur pada-Nya untuk makanan yang Anda makan,air yang Anda minumn,dan udara yang Anda hirup.
4.      Jadiknlah kebiasaan untuk bersyukur kepada Tuhan atas segala sesuatunya sebelum Anda meminta apa saja kepada-Nya.Lalu berdoalah pada-Nya ,dan ketika Anda meninta ,yakinlah seyakin-yakinnya bahwa dia akan menjawab doa Anda. Lanjutkan hidup-jalani hidup dengan keyakinan mutlak bahwa Tuhan bersama Anda.



3.5.      STRATEGI UNTUK MENGGUNAKAN KEKUATAN KEYAKINAN KEPADA DIRI  SENDIRI
1.      tuliskanlah sepuluh hal yang bisa Anda lakukan dan sepuluh hal yang pada awalnya Anda tidak percaya dapat melakukannya,tetapi berhasil juga dilakukan .Bacalah daftar Anda secara lantang.
2.      Di balik kartu nama Anda atau di atas secarik kertas,tulislah kalimat berikut ini,”Aku memiliki keyakinan mutlak kepada diri sendiridan kemampuanku untuk sukses.Aku bisa melakukan apa saja yang kuputuskan ingin kulakukan.
3.      Gunakan latihan gelas selama paling tidak 21 hari.Saya sarankan Anda menjadikannya sebagai kebiasaan seumur hidup.Kebiasaan ini tidak punya efek samping kecuali level pempsrogaman_diri untuk menjadi sangat positif yang lebih mendalam.
4.      Lakukan hal-hal secara berbeda dari yang biasa Anda lakukan.Gunakan tangan yang tidak biaa digunakan ,ambillah rute jalan yang berbeda menuju dari tempat kerja.
5.      Pikirkan tiga hal yang tertunda dilakukan dan sekarang mulailah melakukan sesuatu.Ingatlah bahwa kita bertumbuh dengan pencapaian ,maka mulai dengan hal paling kecil yang Anda tunda-tunda.Selesaikan ketiganya secara bergantian.Dengan cara ini Anda akan membangunlebih banyak keyakinan terhadap diri sendiri.
3.6.      STRATEGI UNTUK MENGGUNAKAN KEKUATAN KEYAKINAN KEPADA ORANG LAIN
Mulailah hari ini untuk membiarkan anak-anak Anda melakukan banyak hal sendiri.Anda akan terkejut betapa baiknya mereka melakukan sesuatu. Milikilah keyakinan terhadap pasangan Anda dan sering-seringlah memujinya.
Kekuatan keyakinan adalah sumber utama segala pencapaian. Dengan keyakinan ,piramida dibangun dan gunung_gunung di pindahkan. Dengan kekuatan keyakinan, kita memtenagai diri kita dan kita menjalani hidup dengan merasa percaya diri dan hebat.
Dengan keyakinan, kita melahirkan diri kita dan melengkapi pikiran, tubuh, dan jiwa kita dengan peralatan yang memungkinkan kita menatap tajam pada tantangan-tantangan dalam hidup dan berkata,” Aku lebih besar daripada dirimu. Aku lebih kuat dari yang bisa kau harapkan. Aku adalah apa yang Tuhan inginkan aku menjadi ...yang tak terhentikan.”

BAB IV
PENUTUP
4.1.      KESIMPULAN
Pada dasarnya kekuatan keyakinan penting dimiliki oleh setiap manusia. Tidak hanya keyakinan kepada diri sendiri tetapi juga keyakinan terhadap orang lain dan Tuhannya. Kekuatan keyakinan adalah sumber utama segala pencapaian.
Dengan keyakinan, kita melahirkan diri kita dan melengkapi pikiran, tubuh, dan jiwa kita dengan peralatan yang memungkinkan kita menatap tajam pada tantangan-tantangan dalam hidup. Dengan kekuatan keyakinan , kita mentenagai diri kita dan kita menjalani hidup dengan merasa percaya diri dan hebat.
4.2.      SARAN
Mahasiswa  lebih di tingkatkan lagi kualitas imannya kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan kualitas iman mahasisiwa yang berkualitas itu bisa mudah-mudahan dapat menciptakan nilai keyakinan sendirinya dan tidak gampang untuk menyerah dikehidupannya. Menjadikan seseorang yang berkualitas dan bermanfaat bagi dirinya maupun orang banyak.









DAFTAR PUSTAKA
  1. Buku Personal Power
  2. http://wikipedia.com
  3. http://google.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar