PESAN


counters

Senin, 17 Juni 2013

Makalah Bisnis Manajemen


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Nama dan Alamat Usaha
Nama Usaha                              : Hendrie’s Distro
Alamat                                       : Jalan. Raya Cibubur Jakarta Timur
No. Telp                                     : 0838-9965-7895

1.2.  Nama dan Alamat Pemilik
Nama Pemilik                            : SUHENDRI
Alamat                                       : Kp. Pondok Ranggon Rt02/Rw06 No. 87
  Kel. Harjamukti, Kec. Cimanggis, Kota Depok
No. Telp                                     : 0838-9965-7895










1.3.  Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Usaha kami bergerak di bidang perdagangan  yang menjual berbagai aneka pakaian  serta fashion yang pastinya up to date dan cocok dengan selera masyarakat, khususnya untuk kaum remaja.

Sebelum kami menjalankan Usaha yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, Usaha kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.

Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan Usaha ini yaitu:
1.      Berperan aktif dalam bidang bisnis dan Usaha.
2.      Menyediakan kebutuhan fahion bagi masyarakat, supaya lebih mudah.
3.      Mengurangi tingkat pengangguran.
4.      Menjalin persahabatan antara pelanggan.
5.      Mendapatkan keuntungan atau laba.




BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF

2.1.   Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.

Jalan Raya Cibubur merupakan tempat yang relatif baru dibangun dan mayoritas masyarakat di tempat tersebut adalah  masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah maju dan modern. Mereka sering kali mencari fashion-fashion ataupun kebutuhan lainnya yang ter up to date. Daerah sekitar tempat ini sangat tepat untuk membuka usaha distro, karena hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan kebutuhan fashion di sekitar.

Usaha Bisnis Distro ini berdiri atas kerjasama serta keinginan tiga anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang fashion, karena sering bertemu dalam berbagai kegiatan di bidang fashion dan desain, tiga generasi muda ini mencetuskan mendirikan sebuah usaha Distro yang dinamakan Hendrie’s yang berdiri di jalan cibubur, tempat yang memiliki tingkat pendidikan dan budaya masyarakat yang melimpah daripada tempat lain, tapi masih minim dalam mempromosikan pentingnya kebutuhan fashion dalam yang baik dan bekualitas bagi masyarakatnya.

Hendrie’s Distro didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak & ciri khas Indonesia.

2.2.   Visi dan Misi
Visi      : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan  dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi     : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
Motto  :” Hendrie’s Distro : The Satisfied Of Customers Is Number One”

2.3.   Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di Jalan Raya Cibubur karena berada tidak jauh dari Pusat Kota, lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama yang merupakan jalan lalu lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.

2.4.   Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka usaha distro ini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit, yakni 1 ruangan ukuran 4m x 6m.

2.5.   Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha distro ini dibuka dari pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 21.00.

2.6.   Kesan / Counter Style
Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan adalah ”Comfortable and High Quality Service” sehingga pelanggan merasa nyaman berada di tempat pelayanan kami dan membuat mereka selalu ingin kembali karena pelayanan yang memuaskan.

2.7.   Konsep Promosi
Membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis Hendrie’s Distro akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.

2.8.   Target Pelanggan
Target pelanggan Distro ini adalah : anak muda atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka adalah pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.



BAB III
ANALISIS INDUSTRI

3.1.   Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat terutama sekitar Jalan Raya Cibubur pada saat ini sangat besar.

3.2.   Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha distro ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.

3.3.   Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Distro Hendrie’s membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha distro ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha distro lainnya.

Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi dari distro ,akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan distro untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan



BAB IV
DESKRIPSI USAHA

4.1.   Produk yang dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 1 lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
·         Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen.
·         Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate.
·         Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.
Kegunaan produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
·         Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen.
·         Kualitas produk terjamin.
·         Sesuai dengan selera masyarakat

4.2.   Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha distro ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya  Usaha kami, maka dari itu kami berusah memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen.

Hendrie’s Distro terletak di Jalan. Raya Cibubur Jakarta Timur. Distro ini  sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah Usaha, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi Usaha sudah lancar.




BAB V
RENCANA PRODUKSI
5.1.   Proses Produksi
Proses produksi yang kami jalankan dalam Hendrie’s Distro ini dapat dilihat pada bagan berikut :

5.2.   Sumber-Sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.




BAB VI
RENCANA PEMASARAN

6.1.   Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.

No.
Jenis Produk
Harga
1
Kemeja
> Rp.   60.000,-
2
Kaos
> Rp.   30.000,-
3
Jeans
> Rp. 110.000,-
4
Jaket
> Rp. 120.000,-
5
Aksesoris
> Rp.   20.000,- s.d Rp. 50.000,-







6.2.   Strategi Promosi yang akan dilakukan  
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
·         Membuat pampflet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
·         Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
·         Membuat catalog-catalog mengenai fashion yang sedang uptodate di distro










BAB VII
RESIKO

7.1.   Analisis SWOT
A.    Strength (Kekuatan)
1.      Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif.
2.      Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
3.      Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan.
4.      Menjual produk yang berkualitas.
B.     Weaknes (Kelemahan)
1.      Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional.
2.      Berubahnya kondisi perekonomian
C.    Oportunity (Peluang)
Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
Saat ini dengan belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di Jalan. Raya Cibubur Jakarta Timur, membuat kami yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju.
D.    Threaty (Ancaman)
Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan style-style terbaru.
7.2.   Gambaran tentang Masa Kini
Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya distro-distro maupun outlet-outlet yang menjual pakaian dengan lebih mudah dan murahataupun distro yang berskala internasional.

Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang mengunjungi distro lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan dan menyediakan produk yang terbaru dan tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat.Dengan begitu pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami.
BAB VIII
PERENCANAAN PERMODALAN

8.1.   Sumber-Sumber Permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian Hendrie’s Distro yaitu dari pemilik distro sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah Usaha dalam bidang perdagangan.
.
8.2.   Neraca Permulaan Perusahaan
a)      Biaya produksi per tahun terdiri dari:
1.      Modal Awal produksi
Renovasi Awal & Desain Interior

Rp. 2.000.000,-
Produk Distro

Rp. 15.000.000,-
Biaya Soft Opening dan Promosi awal

Rp. 1.000.000,- +



Jumlah Modal Produksi

Rp. 18.000.000,-

2.      Biaya lain-lain
         Listrik                                                                          Rp. 500.000,-
         Pemeliharaan gedung dan peralatan                           Rp. 1.000.000,-  +
Jumlah biaya lain-lain                                                              Rp. 1.500.000,-
Total seluruh biaya produksi
Jumlah modal produksi                                                           Rp.1 8.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain                                                              Rp. 1.500.000,-    +
Total                                                                                        Rp. 19.500.000




Tidak ada komentar:

Posting Komentar