BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Nama
dan Alamat Usaha
Nama Usaha :
Hendrie’s Distro
Alamat :
Jalan. Raya Cibubur Jakarta Timur
No. Telp : 0838-9965-7895
1.2. Nama
dan Alamat Pemilik
Nama Pemilik : SUHENDRI
Alamat : Kp. Pondok
Ranggon Rt02/Rw06 No. 87
Kel. Harjamukti, Kec. Cimanggis, Kota Depok
No. Telp :
0838-9965-7895
1.3. Informasi
tentang bisnis yang dilaksanakan
Usaha kami bergerak di bidang
perdagangan yang menjual berbagai aneka pakaian serta
fashion yang pastinya up to date dan cocok dengan selera masyarakat, khususnya
untuk kaum remaja.
Sebelum kami menjalankan Usaha yang kami rencanakan
ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, Usaha
kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar
tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para
pembeli/konsumen.
Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan Usaha ini
yaitu:
1.
Berperan aktif dalam bidang bisnis dan Usaha.
2.
Menyediakan kebutuhan fahion bagi masyarakat, supaya
lebih mudah.
3.
Mengurangi tingkat pengangguran.
4.
Menjalin persahabatan antara pelanggan.
5.
Mendapatkan keuntungan atau laba.
BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF
2.1. Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan semakin
tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan
dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha
distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Jalan Raya Cibubur merupakan tempat yang relatif
baru dibangun dan mayoritas masyarakat di tempat tersebut
adalah masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah maju dan
modern. Mereka sering kali mencari fashion-fashion ataupun kebutuhan
lainnya yang ter up to date. Daerah sekitar tempat ini sangat tepat untuk
membuka usaha distro, karena hingga saat ini sangat sedikit sekali atau
boleh dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan
kebutuhan fashion di sekitar.
Usaha Bisnis Distro ini berdiri atas kerjasama serta
keinginan tiga anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam
bidang fashion, karena sering bertemu dalam berbagai kegiatan di bidang fashion
dan desain, tiga generasi muda ini mencetuskan mendirikan sebuah usaha
Distro yang dinamakan Hendrie’s yang berdiri di jalan cibubur, tempat yang
memiliki tingkat pendidikan dan budaya masyarakat yang melimpah daripada tempat
lain, tapi masih minim dalam mempromosikan pentingnya kebutuhan fashion dalam
yang baik dan bekualitas bagi masyarakatnya.
Hendrie’s Distro didirikan untuk mempelopori kecintaan
generasi muda dalam bidang fashion yang up to date tanpa
melupakan corak & ciri khas Indonesia.
2.2. Visi
dan Misi
Visi : Mitra dan
solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date
untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi : Memberikan
dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
Motto :”
Hendrie’s Distro : The Satisfied Of Customers Is Number One”
2.3. Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di
Jalan Raya Cibubur karena berada tidak jauh dari Pusat Kota, lokasi mudah
terlihat dan berada di jalan utama yang merupakan jalan lalu lalang masyarakat
sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.
2.4. Ruangan
/ Tempat yang dibutuhkan
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka
usaha distro ini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit, yakni 1
ruangan ukuran 4m x 6m.
2.5. Waktu
Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha
distro ini dibuka dari pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul
21.00.
2.6. Kesan
/ Counter Style
Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan
adalah ”Comfortable and High Quality Service” sehingga pelanggan
merasa nyaman berada di tempat pelayanan kami dan membuat mereka selalu ingin
kembali karena pelayanan yang memuaskan.
2.7. Konsep
Promosi
Membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan
mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan
brosur promosi.
Selain itu, kami juga membuat advertisement secara
on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan
transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis Hendrie’s Distro
akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
2.8. Target
Pelanggan
Target pelanggan Distro ini adalah : anak muda atau
abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka adalah
pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.
BAB III
ANALISIS INDUSTRI
3.1. Prespektif
Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di
bidang perdagangan, khususnya dalam hal
fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin
usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di
kalangan masyarakat terutama sekitar Jalan Raya Cibubur pada saat ini
sangat besar.
3.2. Analisis
Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa
di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha distro ini masih
belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan
kekeluargaan.
3.3. Segmentasi
Pasar yang akan dimasuki
Distro Hendrie’s membidik pasar kelas menengah ke
bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada
prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan
pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan
kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha
distro ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu
persaingan dengan usaha distro lainnya.
Pada awalnya pemenuhan
permintaan pakaian dapat dipenuhi dari distro ,akan tetapi
dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan distro untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong
kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan
pelanggan
BAB IV
DESKRIPSI USAHA
4.1. Produk
yang dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian
dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 1 lusin pakaian dalam sehari,
belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh masyarakat,
khususnya oleh anak remaja.
Adapun
kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa
keunggulan:
·
Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen.
·
Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style
yang uptodate.
·
Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau
beberapa kali cuci.
Kegunaan
produk
Sebagai kebutuhan
sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu,
produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
·
Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen.
·
Kualitas produk terjamin.
·
Sesuai dengan selera masyarakat
4.2. Ruang
Lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha distro ini kami rancang
dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju
mundurnya Usaha kami, maka dari itu kami
berusah memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen.
Hendrie’s Distro terletak di Jalan. Raya Cibubur
Jakarta Timur. Distro ini sudah memenuhi persyaratan berdirinya
sebuah Usaha, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk
dan akses transportasi menuju lokasi Usaha sudah lancar.
BAB V
RENCANA PRODUKSI
5.1. Proses
Produksi
Proses produksi yang kami jalankan dalam Hendrie’s
Distro ini dapat dilihat pada bagan berikut :
5.2. Sumber-Sumber
Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian,
kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti
kualitas pakaiannya dengan model dan corak yang menarik konsumen tentunya.
Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak
perusahaan maupun konsumen yang membelinya.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
6.1. Penetapan
Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang
diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan
dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah
tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan
disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.
|
Jenis
Produk
|
Harga
|
1
|
Kemeja
|
>
Rp. 60.000,-
|
2
|
Kaos
|
>
Rp. 30.000,-
|
3
|
Jeans
|
> Rp.
110.000,-
|
4
|
Jaket
|
> Rp.
120.000,-
|
5
|
Aksesoris
|
>
Rp. 20.000,- s.d Rp. 50.000,-
|
6.2. Strategi
Promosi yang akan dilakukan
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini
antara lain :
·
Membuat pampflet-pamflet berisi produk – produk baru
yang akan ditempel tiap bulannya.
·
Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui
situs jejaring sosial maupun forum.
·
Membuat catalog-catalog mengenai fashion yang sedang
uptodate di distro
BAB VII
RESIKO
7.1. Analisis
SWOT
A.
Strength (Kekuatan)
1.
Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan
inovatif.
2.
Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
3.
Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan.
4.
Menjual produk yang berkualitas.
|
B.
Weaknes (Kelemahan)
1.
Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala
nasional.
2.
Berubahnya kondisi perekonomian
|
C. Oportunity
(Peluang)
Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas produk, kami
yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala
nasional yang akan muncul di kemudian hari.
Saat ini dengan belum adanya perusahaan dengan
bidang usaha sejenis di Jalan. Raya Cibubur Jakarta Timur, membuat kami yakin
bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju.
|
D. Threaty
(Ancaman)
Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis
yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan style-style terbaru.
|
7.2. Gambaran
tentang Masa Kini
Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap
kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini disebabkan semakin
banyaknya distro-distro maupun outlet-outlet yang menjual
pakaian dengan lebih mudah dan murahataupun distro yang
berskala internasional.
Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak orang
yang mengunjungi distro lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal
ini, maka kami selalu memberikan dan menyediakan produk yang terbaru dan
tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat.Dengan begitu pelanggan
akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami.
BAB VIII
PERENCANAAN PERMODALAN
8.1. Sumber-Sumber
Permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian Hendrie’s Distro
yaitu dari pemilik distro sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah Usaha
dalam bidang perdagangan.
.
8.2. Neraca
Permulaan Perusahaan
a) Biaya
produksi per tahun terdiri dari:
1. Modal Awal produksi
Renovasi
Awal & Desain Interior
|
Rp. 2.000.000,-
|
|
Produk
Distro
|
Rp. 15.000.000,-
|
|
Biaya Soft
Opening dan Promosi awal
|
Rp. 1.000.000,-
+
|
|
Jumlah
Modal Produksi
|
Rp. 18.000.000,-
|
2. Biaya lain-lain
Listrik Rp.
500.000,-
Pemeliharaan
gedung dan peralatan Rp.
1.000.000,- +
Jumlah biaya lain-lain Rp. 1.500.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 1.500.000,-
Total
seluruh biaya produksi
Jumlah modal
produksi Rp.1
8.000.000,-
Jumlah biaya
lain-lain Rp.
1.500.000,- +
Total Rp.
19.500.000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar